Oleh : (1) Dra. Iroh Siti Zahroh, M.Si (2) Bawono Mulyono, SH., M.Si (3) Ir. Marsudi Wibowo, M.Eng (4) Fery Imanuddin Sadikin
Modul ini khusus ditujukan bagi fasilitator yang ingin mengajar outbound. Pembelajaran outbound bermanfaat sebagai salah satu cara pembentukkan karakter individu maupun karakter kelompok. Dengan outbound, karakter individu yang tergambar dalam hubungan internalnya akan ditingkatkan sehingga menjadi lebih baik lagi.
Kegiatan Outbound dapat dilakukan di dalam ruangan atau luar ruangan. Outbound dalam ruangan merupakan salah satu cara peningkatan karakter dalam mengungkapkan ide-ide baru. Berani mengambil resiko dari setiap pemecahan masalah yang dihadapinya dan lebih bertoleransi dengan ide-ide dan masukan dari individu lain.
Sedangkan kegiatan outbound di luar ruangan melibatkan aktifitas fisik tetapi bukan berarti aspek kognitif dan afektif perlu diabaikan. Karena setiap permainan mempunyai tujuan masing-masing sehingga pemain dapat mencari pesan tersembunyi yang terkandung di dalamnya. Berbagai jenis permainan di luar ruangan di antaranya yakni trust fall, sungai membramo, sarang laba-laba, tong/pipa bocor, dll.
Untuk mengukur keefektifan permainan, setelah peserta menyelesaikan permainan fasilitator perlu mengajak diskusi peserta untuk mengetahui seberapa banyak pengalaman yang telah dimiliki peserta setelah mengikuti permainan outbound dan pengalaman apa yang bisa di ambil dari permainan tersebut.
Kegiatan Outbound dapat dilakukan di dalam ruangan atau luar ruangan. Outbound dalam ruangan merupakan salah satu cara peningkatan karakter dalam mengungkapkan ide-ide baru. Berani mengambil resiko dari setiap pemecahan masalah yang dihadapinya dan lebih bertoleransi dengan ide-ide dan masukan dari individu lain.
Sedangkan kegiatan outbound di luar ruangan melibatkan aktifitas fisik tetapi bukan berarti aspek kognitif dan afektif perlu diabaikan. Karena setiap permainan mempunyai tujuan masing-masing sehingga pemain dapat mencari pesan tersembunyi yang terkandung di dalamnya. Berbagai jenis permainan di luar ruangan di antaranya yakni trust fall, sungai membramo, sarang laba-laba, tong/pipa bocor, dll.
Untuk mengukur keefektifan permainan, setelah peserta menyelesaikan permainan fasilitator perlu mengajak diskusi peserta untuk mengetahui seberapa banyak pengalaman yang telah dimiliki peserta setelah mengikuti permainan outbound dan pengalaman apa yang bisa di ambil dari permainan tersebut.

No comments:
Post a Comment